Skip to content

Standar PMRI

16 November 2010

Untuk menjamin PMRI dapat berjalan sesuai dengan yang dicita-citakan, perlu adanya suatu standar untuk elemen-elemen PMRI. Standar ini mencakup guru, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, dosen, workshop, dan P4MRI yang mana akan dijabarkan sebagai berikut.

Standar Guru PMRI

  • Guru memiliki kemampuan matematika dan didaktik PMRI untuk mengembangkan suatu lingkungan pembelajaran yang kaya.
  • Guru melatih siswa untuk berpikir, berdiskusi, dan bernegosiasi sehingga bisa menstimulasi inisiatif dan kreatifitas.
  • Guru membimbing dan mendukung siswa untuk menyatakan pendapat dan menemukan strategi mereka sendiri dalam menyelesaikan masalah.
  • Guru mengelola aktivitas kelas yang mendukung siswa bekerja sama dan berdiskusi dengan tujuan konstruksi pengetahuan.
  • Guru bersama dengan siswa menyimpulkan fakta, konsep, dan prinsip matematika melalui serangkaian proses refleksi dan konfirmasi.

Standar Kegiatan Pembelajaran PMRI

  • Mencapai tujuan sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang tertuang dalam kurikulum.
  • Dimulai dengan suatu masalah realistik yang memotivasi dan menolong siswa  belajar matematika.
  • Memberikan siswa kesempatan mengeksplorasi dan mendiskusikan masalah yang diberikan sehingga mereka bisa saling belajar satu sama lain dan mendukung konstruksi konsep matematika.
  • Menghubungkan konsep-konsep matematika untuk menciptakan suatu pembelajaran bermakna dan pengetahuan yang salaing terhubung.
  • Diakhiri dengan refleksi dan konfirmasi untuk menyimpulkan fakta, konsep, dan prinsip matematika yang dipelajari dan diikuti dengan latihan yang memperkuat pemahaman siswa.

Standar Materi Pembelajaran PMRI

  • Sejalan dengan kurikulum.
  • Menggunakan masalah realistik untuk memotivasi dan menolong siswa dalam belajar matematika.
  • menghubungkan konsep-konsep matematika yang berbeda untuk meberi kesempatan siswa mempelajari matematika yang bermakna dan berhubungan.
  • Mengandung materi pengayaan untuk mengakomodasi cara dan tingkat pemikiran siswa yang berbeda-beda.
  • Ditampilkan dalam suatu cara yang memacu siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta menstimulasi interaksi dan kerjasama siswa.

Standar Dosen PMRI

  • Menggunakan prinsip-prinsip PMRI selama pembelajaran untuk membantu mahasiswa mengalami dan memahami PMRI.
  • Mengajar dengan cara yang mendukung interaktifitas dalam ruang kelas sebagai suatu hal yang mencerminkan prinsip mengajar PMRI.
  • Mengobservasi kelas PMRI untuk mengumpulkan data dan informasi yang bisa digunakan dalam pengajaran di universitas dan juga sebagai basis penelitian pengembangan PMRI.
  • Mendukung guru yang menerapkan PMRI di sekolah.
  • Mengadakan penelitian dan membuat publikasi tentang PMRI.

Standar Workshop

  • Aktifitas dalam workshop berorientasi proses, yang mana dapat mendukung peserta memahami ide-ide PMRI,  dan berorientasi produk yang mana sasarannya adalah menyediakan materi yang dapat digunakan di sekolah.
  • Memfasilitasi peserta untuk mengalami sendiri karakteristik PMRI dengan tujuan untuk membangun pengetahuan dan kemampuan mereka.
  • Isi workshop harus sejalan dengan tuntutan kurikulum dan kondisi internal-eksternal sekolah, serta memberi gambaran kondisi ideal yang bertujuan meningkatkan kemampuan adaptasi PMRI di sekolah-sekolah.
  • Selama workshop, peserta merefleksi hubungan antara aktifitas, konsep matematika, dan teori PMRI.
  • Membangkitkan dan membangun kepercayaan diri peserta untuk melanjutkan penerapan PMRI di sekolah.

Standar P4MRI

  • P4MRI adalah lembaga untuk dosen, guru, dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan mengembangkan PMRI.
  • P4MRI adalah pusat konsultasi dan informasi PMRI yang menyediakan informasi, buku, materi pembelajaran, media pembelajaran, agenda untuk pengembangan profesionalitas, workshop, dan pelatihan, jurnal, majalah, dan video.
  • P4MRI adalah pusat pelatihan yang menawarkan pelatihan PMRI yang menarik dan terorganisasi dengan baik serta berfokus pada proses dan isi.
  • P4MRI adalah pusat komunikasi yang menciptakan kerjasama antara sekolah mitra, , LPTK, P4MRI universitas lain, dan pusat kajian nasional dan internasional.
  • P4MRI adalah lembaga yang disahkan oleh rektor universitas yang bersangkutan sebagai satu lembaga semi-independent yang dilengkapi kantor dan staf.
Advertisements
6 Comments leave one →
  1. 16 November 2010 2:52 pm

    keren bos…
    baru aja di pelajari, langsung di publish .^_^.
    keep writing…

  2. 16 November 2010 5:24 pm

    bro, numpang nge-link postingan mu disini http://p4mriunismuh.wordpress.com/standards-of-pmri/ ….
    tq b4.

  3. Yanti permalink
    9 December 2010 8:44 pm

    Salam, punya materi realistik struktur 5 dan struktur 10 utk siswa kelas 3 smt 2 di belanda gak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: